Cara Aman Downgrade OS Androit Pada Samsung Galaxy Note 3 N900 Menggunakan Odin

Cara Aman Downgrade OS Androit Pada Samsung Galaxy Note 3 N900 Menggunakan Odin
Gambar dari Samsung.com
Hai sobat awb? kali ini judul thread saya adalah menurunkan OS (oprating system) Androit atau disebut downgrade OS. Bagi kalian pengguna smartphone pasti sudah tau kan apa itu os?. Nah, kali ini saya memberikan cara bagaimana cara menurunkan os pada samsung galaxy note 3 n900 sein.

Kenapa harus turun OS, bukannya Jika pakai OS terbaru labih bagus? ya, bener. Namun terkadang ada beberapa orang (user) yang emang kurang begitu suka dengan os terbaru. Alasanya beragam, mulai dari hape makin panas, boros, gak stabil bahkan memang lebih nyaman di OS sebelumnya. Tapi saya sendiri lebih suka pakai OS terbaru, bahkan saya relain pakai custom rom untuk ngerasain TW terbaru androit 6 (MM) bahkan androit 7, yang memang saat ini seri galaxy note 3 hanya sampai pada androit versi 5 (lolipop).

Well semua kembali pada keinginan masing masing toh. Tapi saya juga lebi suka pada OS sebelumnya si (kitkat) jika dibandingkan OS loli 😆. Nah, sebetulnya thread ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagi user galnote. Gonta ganti OS, room sudah pernah saya lakukan dan gak susah kok. Awalnya juga takut terjadi apa apa karena hape cuma satu 😖. Jadi kolk moddar yang habislah saya. Tapi alhamdulillah gak terjadi apa apa.

Baik langsung saja saya akan jelaskan langkah dan tahappan serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan downdgrade dan semoga dapat membantu sobat user galnote semua yang membutuhkan.

Pertama dalam melakukan downgrade pada official OS kita akan menurunkan versi frimeware yang digunakan secara bertahap. Tapi jika pengguna custom rom hajar aja gk masalah atau restore beres. Namun pada pengalaman pribadi saya setelah gonta-ganti custom rom secara continue (kemarin itu 5 kali) lalu saya restore dengan backup-an stockrom hasilnya zonk alias black screen. Jadi selain siapkan backup-an sediakan juga frimeware yang sama dengan yang di backup.

Langkah ke dua, adalah melakukan pemilihan frimeware yang ingin digunakan. Disini frimeware yang akan diturunkan usahakan gunakan patch baru atau terbaru. Isu yang beredar pada beberapa kasus ada yang mendapati bruth setelah melakukan penurunan OS.

Gunakan versi yang yang baru sampai terbaru tingkat patch keamananya. (Pahami ya kenapa saya bilang baru sampai terbaru)

Langkah selanjunya adalah menyiapkan semua pendukung seperti, pc atau laptop yang sudah terpasang odin dan Samsung USB driver, Kabel data dan frimewarenya. Untuk frimeware saya sarankan untuk mencarinya di sammobile atau updato. Karena pada dua situs ini enak kalo downoad. biar di pause selama 1 minggu dilanjutkan juga masih bisa (maklum jaringan saya kuota kampung jadi lelet dan terbatas).

Selain frimeware kita juga harus menyiapkan Modem dan bootloadernya. Kenapa? karena tak jarang bahkan sudah bisa saya pastikan saat melakukan downgrade nanti imei dan baseband sobat awb bakal hilang. Tapi ada pada beberapa kasus ada yang gak hilang!. Saya juga kurang mengerti kenapa ini terjadi. Kalo punya saya hilang masalahnya. Jadi ya emang harus flash modem.bin nya sobat awb.

Baca juga : Dampak flashing Android dan cara mengatasinya.

Dan Perhatikan kondisi batrai Harus 70% ke atas. Kenapa? karena nanti pada proses flash dan booting akan memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan takjarang dapat membuat hape berasa digoreng. Jadi siapkan kipas juga, sambil dikipasi hpnya biar gak panas berlebih sobat awb. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan mode USB Debugging serta non aktifkan juga Reactivation lock. Biar gak terjadi failed nantinya.

Setelah semua anda memahami penjelasan di atas dan sudah menyiapkannya. Sekarang kita akan mengeksekusinya untuk melakukan proses downgrade!!

  1. Pc/laptop yang sudah tersedia odin dan samsung Usb driver.
  2. Kabel usb
  3. Frimeware, Modem.bin. Ekstrak frimeware jika masih dalam format zip atau rar di pc sobat.
  4. Run/jalankan software odin.exe
  5. Boot samsung galnote n900 ke flashboot/download mode.
  6. Hubungkan Hape galnote ke pc menggunakan kabel data dan pastikan odin membaca perangkat sobat dengan tulisan add! atau pessan kusus pada port/kolom ID:COM.
  7. Centang hanya F.reset time dan Auto reboot.
  8. klik/Click/load boatloader (cari file boatloadernya yang sudah di dicomot). Lalu klik strart dan tunggu hingga selsai sampai hape sobat awb menyala.
  9. Setelah menyala. Matikan lagi hapenya, lalu masuk ke mode flashboot lagi. 
  10. Clik port AP atau PDA dan cari (browse) frimeware yang diekstrak tadi di pc sobat.
  11. Jika sudah kilik start. Lalu tunggu hingga selsai hape sobat booting otomatis.
  12. Lalu matikan lagi hp sobat  dan hidupkan dalam mode flashboot sekali lagi. Pada tahap ini kita akan melakukan flash modem.bin. Untuk caranya sama dengan langkah diatas, namun yang dimasukan adalah modem.bin bukan frimeware.
  13. Setelah itu klik start dan tunggu aja sampai selsai booting.
Pada langkah 12 dilakukan jika imei sobat hilang ya. Kalok gak hilang, maka langkah no 12 abaikan saja. Dan harap di ingat!! Do With Your Own Risk (DWYOR). Segala sesuatu yang terjadi akibat tips yang saya berikan ini, bukanlah tanggung jawab saya!! atau istilah saya "Resiko ditanggung penumpang". Sekian semoga bermanfaat. 

Post a Comment

  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel