Cara Mudah! Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 3 N900 Lengkap Menggunakan Odin dan flashify

Cara Mudah! Pasang TWRP Di Samsung Galaxy Note 3 N900 Lengkap
Copyright @samsung
Hai, sobat awb. Kalini saya akan membahas mengenai cara memasang TWRP pada galnote 3 seri N900. Dan perlu sobat awb ketahui, bahwa seri n900 ini belum suport 4G/LTE. Jadi untuk sobat yang bertanya-tanya apakah note exnoyss sudah bisa jaringan 4G/LTE?. Jawabanya adalah belum ya! Kalaupun mau bisa 4G, itu gunain aja modem miwifi yang sudah 4G atau ganti seri, seperti N900J, N9005 dan yang lainnya, yang memang sudah suport dari segi hardware dan tercover frekuensi sinyal 4G di indonesia.

Lanjut ke topik utama mengenai carang memasang twrp, Mungkin bagi sobat awb yang sudah lama menggunakan dan hobi melakukan modifikasi atau bisanya kalian menyebutnya dengan Istilah oprek mengoprek, maka pasti kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan TWRP dan apa gunanya TWRP, namun bagi pengguna baru, mungkin masih asing dengan istilah TWRP dan bahkan mungkin tidak tau apa fungsi dan kegunaan TWRP pada smartphone android. Tapi tentu saja saya tidak akan membahasnya disini ya sobat awb.

Untuk masang twrp sebenarnya sangat mudah, gak ribet kok. Kalau kelihatannya ribe, mungkin wajar ya bagi kita yang baru pertama kali mau pasang twrp atau takut ini itu. Sayapun awalnya juga begitu. Tapi jika sudah di eksekusi serasa plong apalagi jika sudah sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Pemasangan twrp ini ada dua cara. Kebetulan pada saat itu saya pernah memasang di galnote saya versi N900J dan N9005. Dan caranyapun sama saja, yang berbeda hanya twrpnya saja.

Cara pertama memasang twrp yaitu menggunakan laptop, cara ini bisa dibilang yang umum digunakan. Cara ini bisa digunakan tanpa harus melakukan rooting terlebih dahulu. Namun kalau mau ganteng ya jangan tangung-tanggung, sekalian aja diroot gitu biar tampannya maksimal. Untuk root menggunakan pc bahanya antara lain:
1 Laptop/PC Wajib
2 Kabel data Wajib
3 Samsung USB Driver
4 Odin
5 TWRP N900 2.7.0.0-ha3g.img.tar
Jika sobat sudah lengkapi semua bahan di atas. Sekarang saatnya eksekusi, tahapannya adalah instal samsung USB driver di pc sobat, setelah terinstal samsung drivernya, lanjut ekstrak software odin di pc sobat dan jalankan odin.exe.

Setelah itu matikan galnote sobat, setelah itu masuk ke mode flashboot atau download mode pada galnote sobat dengan menekan tombol power, tombol home dan volume down secara bersamaan. Setalah itu akan muncul pesan peringatan atau warning !! (bla.. blaaaa....) Silahkan tekan volume up untuk melanjutkan ke mode flashboot. Setalah masuk ke mode flashboot saatnya hubungkan ke pc sobat ke laptop atau pc. Disini saya menyarankan menggunakan kabel data yang ori. Karena tujuanya agar todak terjadi lost connect sambungan ke pc. Karena jika sambungannya gk setabil nanti akan bermasalah saat eksekusi. Intinya gunakan kabel data yang stabil sambungannya gk mudah putus nyambung, putus nyambung ya. Dan jika sobat gk punya pc atau laptop bisa minjem ke temen adek atau saudara atau kewarnet aja, karena saya sendiri pernah flash, pasang twrp pake pc warnet loh.

Setalah terhubung pastikan pada software odin terdapat pesan di bagian port ID:COM jika tida instal lagi samsung usb deivernya lalu colokan lagi galnote sobat ke pc. Jika sudah, klik perintah port AP/PDA dan cari file twrp yang sudah sobat tadi download di pc sobat. Pastikan perintah F.reset time dan auto teboot tercentang/check list di odin. Jika sudah klik start dan tunggu hingga galnote sobat menyala. Dan selasai. Kali ini sobat bisa menggunakan twrp pada galnote sobat.

Untuk cara kedua, kita bisa melakukan pemasangan twrp tanpa memggunakan pc, namun syaratnya galnote sobat harus sudah di root. Jika belum sobat bisa root terlebih dahulu dengan membaca thread saya sebelumnya mengenai root n900 dan cara root n900 tanpa pc.  

Setelah itu download file twrp dan ekstrak ambil file yang berakhiran .img karena file yang akhiranya .img inilah yang dipakai. Setelah di root, langkah selanjutnya adalah dengan menginstal aplikasi flashify yang bisa sobat unduh di plasystore gratis. 

Jika sudah diinstal jalankan flashify dan ijinkan akses root. Setelah itu pada tap flash Pilih Recovery img → Choose a file, lalu cari file twrp yang sudah sobat ekstark dihape galnote sobat yang berakhiran .img  lalu flash aja, tunggu proses hingga selsai, setelah itu → Reboot Now. Dan selamat twrp sudah terpasang.
Sekian semoga bermanfaat dan good luck.

4 Responses

  1. Ok gan.. trima kasih atas tutorialnya.. saya mau tanya, di n900 saya sdh terpasang cwm untuk flash zip rom ato tweak.. apakah tdk masalah kalo misal saya ikutin langkah2 di atas untuk memasang twrp?? Trim's

    ReplyDelete
  2. Sama sama custom recovery, jadi gk pp. Jangan lupa backup jika masnya ragu ^_^

    ReplyDelete
  3. pemasangan file img lewat flashify gagal gan?? yg terjadi recovery ane malah balik lagi ke recovery bawaan.. jd cwm nya ilang setelah di fash pake flashify dgn file hasil ekstrak dr file tar yg saya donlot..
    ntar tak coba pasang pake odin krn dulu saya sukses masang cwm lewat odin..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel