Cara Lengkap Mengaktifkan dan Menonaktifkan Reactivation Lock, OEM Lock Dan USB Debugging Pada Samsung

Bagi pengguna Androit khususnya samsung pasti saya rasa hampir semuanya tau apa itu reactivation lock? Reactivation lock menggunakan akun Samsung sobat untuk mencegah orang dari mengaktifkan ulang phonsel sobat tanpa izin. Sebelum sobat me-reset phonesel, flash, root atau mengirimkannya untuk diperbaiki, maka sobat perlu menonaktifkan Reactivation lock terlebi dahulu.

Reactivation lock ada pada Android yang sudah memiliki android dengan OS kitkat ke atas, Karena bila sudah tercentang, Recovery mode serta Flashing menggunakankan StockRom pun tidak berdaya (Sama seperti Icloud/MIcluod lah). Untuk phonsel keluaran terbaru mungkin namanya OEM Lock. Jadi kesimpulan saya ada dua, Reactivation lock untuk phonsel generasi lama dan bagi generasi baru namannya OEM Lock (mungkin?, karena saya belum punya yang baru😢). Meskipun berbeda namanya tapi menurut saya prinsipnya sama.

OEM Lock berfungsi untuk membuka atau menutup akses bootloader pada perangkat. Fungsi ini akan memberikan / melarang akses kepada pengguna untuk melakukan kostumasi terhadap sistem operasi Android, seperti memasang TWRP, rooting, flashing firmware dan sebagainya. Perlu kalian ketahui, pada saat kalian ingin melakukan kostumasi dan posisi OEM Lock dalam keadaan terkunci (tidak aktif), maka prosesnya tidak akan berhasil dan bahkan bisa menyebabkan perangkat Bootlop atau rusak.

Bedanya OEM lock dan Reactivation lock ada pada tempatnya saja. JIka Reactivation lock ada pada opsi pengembang. namun pada OEM lock ada pada menu developer opotions. Jadi Untuk mengaktifkan OEM lock harus mengaktifkan mode pengembang/ developer opotions/opsi pengembang terlebih dahulu. Maka untuk caranya akan saya bahas lengkap disini;

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Reactivation Lock
Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Reactivation Lock Pada Samsung saya rasa perlu sedikit koneksi internet/sambungan data (maaf kalau salah). Karena untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan kita membutuhkan konesi data internet untuk memasukan akun gmail dan password, caranya sebagai berikut:
Cara Lengkap Mengaktifkan dan Menonaktifkan Reactivation Lock, OEM Lock Dan USB Debugging Pada Samsung

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Cari locks screen and security
  3. Klik Reactivation Lock
  4. Tambahkan akun samsung,
  5. Setelah itu aktifkan Reactivation lock dengan memasukan akun dan password.
Cara Mengaktifkan USB Debugging
Pada dasarnya, untuk mengaktifkan kedua mode ini caranya sama saja untuk semua sistem Operasi Android, baik itu andorid Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat atau bahkan android versi terlawas. Hanya saja mungkin pada bagian tampilannya saja yang membedakan. Namun sebelum mengaktifkan keduanya, Developer Options atau Opsi Pengembang harus diaktifkan terlebih dahulu. Tutorial? simak berikut:
Cara Lengkap Mengaktifkan dan Menonaktifkan Reactivation Lock, OEM Lock Dan USB Debugging Pada Samsung
  1. Memunculkan Developer Options / Opsi Pengembang
  2. Buka menu "Pengaturan / Settings".
  3. Gulir Kebawah, temukan dan tap pada bagian "About Device / Tentang Perangkat".
  4. Buka "Software Info / Info Perangkat Lunak".
  5. Ketuk / tap pada menu "Build Number / Nomor Versi" ketuk atau sentuh sebanyak 5 hingga 7 kali sampai ada pemberitahuan Opsi Pengembang sudah aktif atau notifikasi sejenisnya.
  6. Selesai.
Untuk memastikan bahwa menu ini sudah benar-benar aktif, silahkan buka lagi menu Pengaturan, gulir ke bagian bawah dan cari menu "Developer Options atau Opsi Pengembang". Biasanya ada di atas dari menu "About Device".

Mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging 
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa fitur USB Debugging dan OEM Lock tempatnya ada di dalam Opsi Pengembang, biasanya OEM unlock ini saya temui pada phonsel kluare seri terbaru, untuk seri lama tidak ada OEM lock. jadi untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka menu tersebut, kemudian aktifkan kedua-duanya.
Cara Lengkap Mengaktifkan dan Menonaktifkan Reactivation Lock, OEM Lock Dan USB Debugging Pada Samsung
  1. Buka Pengaturan / Options.
  2. Gulir (scroll) ke bawah, cari Menu Opsi Pengembang / Developer Options.
  3. Selanjutnya, silahkan aktifkan "OEM Lock" dan "USB Debugging".
Sekian, Jika sobat merasa artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan komentar di bawah agar kami tau bahwa artikel yang kami buat dapat bermanfaat bagi sobat awb.

Post a Comment

  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel