Cara Instal (PASANG) CMW Di Samsung Galaxy Note 3 AU N900J (SCL22)

Hay pengunjung agus-blog. Kali ini thread saya mengenai pemasangan CMWdi N900J atau yang akrab di kenal SCL22. Sebelumnya sudah tau apa itu CMW? CWM adalah recovery mode yang sudah di kostumisasi dengan berbagai fitur tambahan sehingga memungkinkan kita untuk melakukan proses seperti backup dean restore rom, install Custom Rom, adb shell, advance update.zip (ignore asserts n signature checks), file browser untuk memilih update.zip dan kelebihan lain yang tidak terdapat pada system recovery mode standard, diantaranya adalah sebagai berikut:

Modding
Aplikasi ini bisa dibilang adalah modding atau modifikasi dari recovery mode pada perangkat dengan sistem operasi Android. Biasanya, para pengguna yang suka mengutak atik perangkatnya menggunakan mode recovery ini untuk menginstall atau meng-custom beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, misalnya menginstall dan mengganti jenis font pada perangkatnya, menambahkan fitur quick panel (panel pengaturan praktis) pada status bar, menginstall script -script tertentu, mengubah icon - icon dan masih banyak lagi.

Install Custom ROM
Kegunaan CWM menjadi sangat penting dalam urusan installasi custom ROM (cusrom). Karena untuk dapat menginstall ROM yang telah dimodifikasi tersebut, pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai pembantu anda untuk menginstall. Dan hal ini yang membuat tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya. Sungguh sayang bukan bila anda mengoprek android anda setengah- setengah. Selain untuk menginstallasi beberapa custom ROM .

MembackUp dan restore.
Sebagai mode recovery yang sangat krusial, CMW juga sangat baik untuk melakukan pem-beckUp-pan data, Rom dan pengaturan penting lainya pada perangkat Android kita yang tidak dapat dilakukan oleh System recovery bawaan.

Flash/Install Ulang 
CWM juga bisa untuk me-restore (mengembalikan) ke kondisi seperti semula jika suatu ketika kita membutuhkannya, serta mengembalikan perangkat ke pengaturan awal (factory reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik). Untuk beberapa model dengan flash, gunakan kernel dengan built in Clockwork ROM. Kebanyakan dibuat untuk perangkat yang kompatibel termasuk kernel dengan built in CWM, Dengan metode ini maka tidak perlu lagi melakukan file update.zip atau Manager Rom lagi.

Fitur-fitur yang terdapat di dalam CWM
  1. Reboot system now. Reboot / restart perangkat ponsel android.
  2. Apply update from sdcard. Dapat digunakan untuk instalasi dari setiap update resmi vendor ataupun yang tidak resmi, ROM, kernel, tema, dll masih banyak lagi yang dapat diinstal dalam format zip dari recovery, update.zip. File zip telah ditempatkan pada SD card (yaitu tidak dalam sub-folder). Setelah memilih opsi ini selanjutnya akan muncul konfirmasi untuk memastikan bahwa pilihan Anda itu benar.
  3. Wipe data/factory reset. Pilihan ini akan menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache android Anda. Memilih opsi ini sama saja seperti kamu melakukan factory reset dari menu setting > privacy > factory reset. Semua aplikasi, setting dan data pada perangkat akan ter-reset secara otomatis seperti ketika Anda pertama kali menginstall ROM (untuk custom ROM) atau seperti ketika Anda baru saja membeli Ponsel dan membuka kardusnya kemudian mengaktifkanya (untuk stock ROM). Opsi ini tidak akan me-reset memory external.
  4. Wipe cache partition. Membersihkan cache partisi pada memori internal, tujuanya untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan / data user. Hal ini sering digunakan sebelum menginstal ROM, aplikasi baru, kernel atau mod serupa melalui recovery.
  5. Install zip from sdcard. Opsi ini memungkinkan Anda untuk install file dengan format zip, namun tidak harus bernama update.zip dan tidak harus terletak pada root sd card jadi lebih leluasa. Setelah Anda pilih opsi ini maka akan muncul beberapa opsi-opsi lagi. 

    Opsi 1. Apply sdcard update.zip. opsi ini pada dasarnya sama dengan 'apply update from sdcard' pilihan menu utama.

    Opsi 2. Choose zip from sdcard. Memungkinkan untuk menginstal file zip (dengan nama apapun) dari setiap lokasi pada kartu SD. File bisa dipakai untuk ROM, kernel, aplikasi, tema atau mod, asalkan itu dalam flashable recovery format zip. Ini bisa dibilang pilihan yang paling banyak digunakan untuk memasang ROM yang telah Anda download dan disalin ke kartu SD.

    Opsi 3. Toggle signature verification. Ketika verifikasi tertanda aktif, Anda tidak akan dapat menginstal custom ROM yang belum ditandai oleh para pengembang (custom ROM yang tidak ditandai).

    Opsi 4. Toggle script asserts. Jarang digunakan pilihan ini oleh sebagian besar pengguna recovery. karena hanya mengubah skrip untuk menegaskan skrip tersebut akan aktif atau nonaktif.

    Opsi 5. +++++Go Back+++++ Membawa layar kembali ke menu utama.

  6. Backup and Restore. Opsi ini merupakan salah satu fitur yang paling penting yang disediakan oleh custom recovery, fitur backup dan restore juga dikenal sebagai cadangan Nandroid / NANDROID BACKUP yang memungkinkan kita untuk mengambil data dan file dari seluruh memori internal telepon termasuk semua partisi sehingga dapat menyimpan data di kartu SD.
  7. Mounts and Storage. Memungkinkan Anda untuk melakukan tugas pemeliharaan pada semua partisi internal dan eksternal dari perangkat android.
  8. Advanced. Bagian ini berisi beberapa pilihan, sebagian besar pengguna tidak akan membutuhkan, meskipun ini sebenarnya sering, bahkan cukup berguna terutama wipe Dalvik cache, yang diperlukan sebelum instalasi pada sebagian ROM.
  9. Power off. Mematikan perangkat android.
  10. +++++Go Back+++++ Membawa Anda kembali ke menu HOME.
Nah, setelah sedikit penjelasan tadi, kini saatnya saya mulai cara pemasangan CMW di SCL22 kusus untuk pengunjung agus blog. Mohon siapakan bahan-bahanya, dan untuk bahanya bisa langsung di download di blog saya ini dan juga simak setiap langkahnya biar tak salah langkah.
Alat dan bahan
Status
Laptop atau notebook
Wajib
Persiapkan kabel data ya. Usahakan yang asli
Wajib
Odin versi 3.7
COMOT
KKB CMW
COMOT
CMW Scl22
COMOT
File SuperSu.zip (Untuk root SCL22)
COMOT
Samsung driver
Go to web
Untuk Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pertama download semua bahan di atas, jika gk ada silahkan cari di googel.Jika gak punya laptop, silahkan pinjem atau ke warnet terdekat :v.
  2. Selanjutnya ekstrak Odin, lalu jalankan.
  3. Selanjutnya, instal samsung USB driver. Fungsi dari samsung driver ini adalah untuk mendeteksi perangkatmu pada software odin nantinya menggunakan kabel data, yang akan terbaca melalui port/ kolom ID:COM. Jika terbaca maka akan terdapat pesan 0:[COM6] atau lainya, jika tidak terbaca maka tidak akan muncul pesan tersebut.
  4. Tancapkan cabel USB dan sambungkan dengan SCl22 kalian dalam keadaan Download mode. 
  5. Untuk masuk ke download mode silahkan matikan hape kalian lalu lakukan dengan menekan tombol power, tombol home dan tombol volume down secara bersamaan dan lepaskan saat mulai bergetar pertama kalinya.
  6. Muncul huruf kanji? wkwkw jangan kawatir, namanya juga hape jepang sahabat agus blog, jadi wajar memang untuk memasuki download mode muncul pesan dengan gaya bahasa kanji. Tapi tenang untuk melanjutkan ke mode download silahkan tekan volume up. Namun jika ingin membatalkan silahkan tekan volume down.
  7. Lihat pada port/kolom ID:COM terbaca atau tidak, jika tidak, silahkan lakukan instalasi lagi untuk Samsung Driver. Jika pesan putus nyambung silahkan ganti cabel USB anda dengan yang lebih baik.
  8. Langkah selanjutnya, check list/ centang PDA Cari file KKB CMW yang di download tadi lalu klik open dan check list/ centang pada PHONE lalu cari file CMW Scl22 lalu tekan open.
  9. Pastikan centang/check list pada perintah Auto Reboot dan perintah F.Reset Time.
  10. Setelah itu klik Start dan tunggu hingga proses selsai, maka phonselmu akan menyala.
Nah sampai disini sudah selsai, dan untuk melihat apakah CMW sudah terpasang pada ponsel kalian para pengunjung agusblog. Maka silahkan Masuk ke mode recrovery dengan cara matikan posel sobat terlebih dahulu lalu lanjutkan dengan menekan Tombol power, tombol home dan tombol volume Up secara bersamaan lalu lepaskan saat bergetar. dan lihat apakah sudah muncul gambar topi? jika sudah selamat CMW sudah terinstal di ponsel SCL22 kalian. Namun jika belum silahkan lakukan ulang dengan cara diatas (poit ke 4). Biasanya setelah pemasangan CMW kebanyakan juga melakukan rooting? nah untuk tutornya moggo di simak:


Info Ingat Sahabat pengunjung setia agusblog jika kalian ingin memasuki mode download atau recovery mode, pastikan sesaat setelah kalian melakukan perintah untuk memasuki salah satu mode tersebut, yang muncul bukanlah tulisan Samsung/ logo samsung. Jika muncul tulisan samsung itu berarti kalian belum memasuki mode recovery ataupun download mode, itu melainkan hanya perintah booting atau menghidupkan ulang perangkat kalian atau anggap aja restart perangkat lah biar gampang hehehe. 
Jika terjadi masalah ini kemungkinan kalian tidak menekan 3 tombol tersebut secara bersamaan. atau melepas tombol terlalu lama. Nah utuk solusinya, ya lakukan dengan benar. and good luck.
Cara Instal CMW Di Samsung Galaxy Note 3 N900J/ SCL22 Cara Instal CMW Di Samsung Galaxy Note 3 N900J/ SCL22

4 Responses

  1. Makasih gan. Work

    ReplyDelete
  2. Gak bisa gan berhenti dan ada tulisannya gagal karena R/L

    ReplyDelete
    Replies
    1. R/L?. Gunakan odin versi 3.7 dan jangan lupa nonaktifkan Reactivation locknya

      Delete
  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel