Cara Mudah!! Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy Note 4 Seri N910H, N910C, N910U, N910K, N910L, N910S

Cara Pasang TWRP dan Root Samsung Galaxy Note 4 Seri N910H, N910C, N910U, N910K, N910L, N910S
TWRP Samsung Note 4
Hay, sahabat agusblog, kali ini saya akan membahas cara root note 4 mengunakan Cf-auto root dari chainfire menggunakan twrp, twrp ini insyallah bisa digunakan untu note 4 seri N910H, N910C, N910U, N910K, N910L, dan N910S. Cara Ini sudah saya gunakan di Seri N9010H dan alhamdulillah lancar. Disini saya tidak akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan root, karena mungkin sobat agusblog yang sampai di thread saya ini, sudah pasti hapal dan memahami tentang hal ini bukan?, atau mungkin sobat agusblog sudah terbiasa untuk melakukan rooting pada androit.

Kenapa harus root? pasti sebagian besar sobat agusblog sudah tau, makanyaa bisa sampai di thread saya ini. jadi saya gak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai keunggulan root dan non root. Intinya hanya mereka yang gemar tantangan dan menyukai suatu yang baru (cepat bosan) pasti mencari-cari tutorial ini. Intinya root merupakan hak untuk mengakses secara penuh system androit, jadi gunakan dengan bijak dan hati-hati ya, karena resiko di tanggung penumpang 😂.

Sedangkan TWRP merupakan system recovery, dimana TWRP merupakan sebuah Custom recovery yang sudah dikembangkan oleh Team Win Recovery Project sehingga disingkat menjadi TWRP. Recovery mode pada android sebenarnya adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berguna untuk melakukan manajemen pada sistem operasi android. Pada dasarnya TWRP merupakan recovery yang sama seperti recovery bawaan pabrik (Stock recovery), namun Custom recovery yang bernama TWRP ini memiliki beberapa fitur lebih yang memiliki fungsi penting bagi pengguna smartphone android yang gemar melakukan modifikasi sistem android, ataupun juga untuk pengguna yang hobi memasang custom rom pada smartphone mereka. Berbeda dengan stock recovery yang saya sebutkan sebelumnya, stock recovery disini fungsinya masih standar dan tidak selengkap yang dimiliki oleh TWRP.

Salah satu peran Recovery adalah untuk melakukan pemasangan atau instalasi update/custom system android dan umumnya format file sistem tersebut adalah zip. Untuk recovery mode pada setiap Merek dan tipe smartphone memiliki perintah dan tampilan yang berbeda-beda, tergantung recovery versi berapa yang digunakan oleh smartphone tersebut. 

Selain untuk melakukan pemasangan update system, recovery juga memiliki fungsi untuk melakukan format atau melakukan reset ke pengaturan pabrik, membersihkan cache memory,dan juga berguna saat kita melakukan flashing. Recovery mode pada smartphone android umumnya dapat di akses dengan cara menekan dan tahan tombol volume atas secara bersamaan dengan menekan tombol Power pada saat smartphone android dalam keadaan mati. Dengan demikian smartphone android akan menyala ke mode Recovery.

Nah sekarang kita menuju topik utama atau intinya, untuk sobat agusblog silahkan simak dengan baik tahapan-tahapan dibawah ini:
Siapkan semua bahan dibawah ini.
1 Laptop/PC Wajib
2 Kabel data Wajib
3 Samsung USB Driver
4 Odin
5 Cf- Auto root
6 TWRP Versi 3.0.2.0

Berikut langkah-langkah untuk eksekusinya:
  • Langkah pertama ekstrak odin dan jalankan odin.exe. 
  • Lalu Install Samsung Usb Driver yang tadi didownload di PC/Laptop, agar Note 4 sobat terdeteksi pada software/jendela odin.
  • Tempatkan TWRP yang tadi didownload di PC/Laptop, usahakan ditempat yang mudah diingat.
  • Untuk file Cf-auto root letakkan di hape sobat, usahakan ditempatkan di folder terluar agar mudah di ingat, ingat file ini jangan di ekstrak.
  • Matikan Note 4 sobat, kemudian masuk download mode, dengan menekan tombol Home + power dan volume bawah bersamaan.
  • Setelah masuk tanda peringatan "Warning!!" pencet Volume atas. 
  • Jalankan Odin dengan Run Administrator lalu colok Note 4 sobat ke laptop menggunkan kabel data dalam kondisi Downloade mode, dan pastikan Note 4 sobat sudah terdeteksi di Odin (terlihat pesan di kolom ID:COM).
  • Dalam menu Odin pilih Kolom AP/PDA, nanti akan membuka folder dan agan arahkan ke file TWRP yang didownload tadi.
  • Pastikan perinta F. Reset time dan Auto Reboot ter contreng.
  • setelah itu Klick Start... Tunggu hingga selsai dengan begitu hape sobat agan menyala sendiri.
“Selamat sekarang agan sudah mempunyai Custom Recovery berupa TWRP”

Untuk melakukan rooting caranya cukup simpel, yaitu dengan menggunkan twrp yang sudah kita pasang sebelumnya sob. Jadi sebelum melakukan root silahkan sobat bisa backup terlebih dahulu atau backup nanti setelah di root juga boleh. Terserah lu aja ya sob. saran saya lebih cepat lebih baik.

Sekarang mari kita lanjutkan ke proses rooting, untuk rooting silahkan matikan Note 4 agan, kemudian masuk ke perintah TWRP dengan menekan tombol Home + power bersamaan dengan tombol volume up. Setelah masuk TWRP pilih Install dan cari SuperSU dimana tadi agan simpan.Setelah ditemukan install sampai selesai, setelah selsai reboot hape sobat. “selamat sekarang Note 4 sobat sudah ter Rooting.

Untuk note 4 sobat, yang menggunakan Os lolipop. Silahkan gunakan TWRP versi 2.6.5 atau versi 2.7.1
Update sahabat agusblog
kabar baik kini Chainfire sudah mengupdate untuk Cf-Auto root untuk semua varian Samsung note 4, berikut filenya dan daftarnya:
SM-N910F (International, Qualcomm)
SM-N910G (Asia, Qualcomm)
SM-N910H (Asia, Exynos)
SM-N910T (T-Mobile USA, Qualcomm)
SM-N910P (Sprint, Qualcomm)
SM-N910R4 (US Cellular, Qualcomm)
SM-N910W8 (Canadia, Qualcomm)
SM-N910C (Thailand, Exynos)
SM-N910U (Hong Kong, Exynos)
SM-N910K (Korea, Exynos)
SM-N910L (Korea, Exynos)
SM-N910S (Korea, Exynos)
SM-N9100 (China, Qualcomm)
SM-N9106W (China, Qualcomm)
SM-N9108V (China, Qualcomm)
SM-N9109W (China, Qualcomm)
Untuk Rootnya sendiri yaitu dengan menggunakan odin, karena file ini menggunakan file tar.md5. Pertama silahkan pilih sesuai seri note 4 sobat. Setelah itu extrak file tersebut dan flash menggunakan odin sama seperti memasang TWRP diatas ya. Hanya saja file TWRP di ganti menggunakan File Supersu yang di ekstrak tadi ya.
Semoga bermanfaat dan good luck!

1 Response

  1. apakah tanpa ubl, TWRP ini bisa untuk pasang custom rom..

    ReplyDelete
  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel