Memahami dan Mempelajari Bagian-bagian dari Sel Tumbuhan

Memahami dan Mempelajari Bagian-bagian dari Sel Tumbuhan dan sel hewan dilengkapi dengan gambar berbahasa indonesia, tugas biologi dan praktikum sel hewan dan tumbuhan lengkap
Bagian dari sel tumbuhan

Sel Menurut Robert Hooke adalah unit-unit kecil yang dibatasi oleh dinding-dinding pada jaringan gabus. Selanjutnya Hooke menemukan adanya sel-sel pada jaringan lain di tanaman dan rongga-rongga sel-sel hidup yang dipenuhi oleh cairan (sekarang dikenal sebagai plasma sel). Hal itulah yang kemudian menjadi dasar dari konsep sel yang menyatakan bahwa, Pengertian sel ialah elemen yang universal dari struktur dan fungsi organik makhluk hidup.
Menurut Salisbury dan Ross, Pengertian sel adalah unit kehidupan yang paling mendasar, di mana tidak ada lagi kehidupan pada unit yang lebih kecil daripada sel. Semua organisme hidup terdiri atas sel, baik prokariotik maupun eukariotik. Setiap sel merupakan hasil dari pembelahan sel-sel yang telah ada sebelumnya.
Sel merupakan penyusun tubuhmahluk hidup sebagaimana telah di buktikan melalui pengamatan mikroskopis oleh Mathians schleiden (seorang ahli anatomi tumbuhan) dan Theododor Schwann (seorang ahli anatomi hewan) yang kemudian merumuskan bahwa: “selmerupakan suatu kesatuanstruktural kehidupan”.
Max Schultze an Tomas Huxley menyatakan bahwa: “sel merupakan satu kesatuan fungsional kehidupan” yang menunjukan bahwa aktifitas  yang berlangsung dalam tubuh mahluk hidup tercermin dalam aktifitas dalam sel.
Sel berbentuk pipih contohnya sel epitel, berbentuk tabung contohnya sel penyangga pada daun, berbentuk bulat contohnya sel basil dan sel  berbentuk oval serta sepiral. (supriyono,2007)

Bagian –Bagian Sel dan Fungsinya
Sel tersusun atas beberapa bagian:
Membran Plasma
Berfungsi untuk melindungi sel, mengatur keluar masuknya zat-zat dan sebagai respirator dari rangsangan luar sel.
Sitoplasma
Sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.
Nukleus
Sebagai pengendali kehidupan sel, pengatur pembelahan sel, pengatur warisan sifat.
Lisosom
Berfungsi mencerna zat-zat yang masuk kedalam sel.
Ritikulum Endoplasma Halus
Berfungsi mensintesis lemak, dan menetralisir racun.
Kompleks Golgi
Organel yang menampung dan mengelola protein.
Mikrotobulus
Mengatur dalam pergerakan kromosom saat sel membelah.
Vakuola
Tempat menyimpan cadangan makanan.
Badan Golgi
Merupakan tempat situs respirasi seluler.
Kloroplas
Tempat berlangsungnya fotosintesis
Struktur Sel Tumbuhan

v  Sel tumbuhan terdiri dari:
No
Sel Tumbuhan
1
Tidak memilikki sentriol
2
Memiliki sitokenesis
3
Tidak memiliki pembatasan pertumbuhan
4
Sel lebih besar
5
Memiliki sentrosom
6
Memiliki plastida
7
Memiliki vakuola
8
Memiliki membran sel
9
Tidak memiliki lisosom

v  Leokoplast
Leokloplast (tidak berwarna): biasanya lazim terdapat pada sel-sel yang tidak terkena cahaya matahari, misalnya paada jaringan yang terletak sangat dalam pada bagian tumbuhan baik di atas maupun di dalam tanah. Fungsinya adalah sebagai pusat sintesis dan penyimpanan cadangan makanan seperti pati.

v  Kloroplast
Kloroplast yang mengandung klorofil yaitu satu campuran pigmen yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Fungsinya adalah menangkap energi cahaya yang diperlukan untuk proses fotosintesis.

v  Kromoplast
Kromoplast yang mengandung pigmen-pigmen lain yang menentukan timbul warnanya merah, jingga dan kuning pada bagian-bagian tumbuhan. Fungsinya masih belum jelas, tetapi berhubungan dengan kemasakan buah dari mulai hijau sampai dengan berwara merah berhubungan dengan penurunan dan peningkatan jumlah kromoplast.

v  Peroksisom
Peroksisom adalah organel sitoplasma dari sel tumbuhan, yang mengandung enzim oksidatif tertentu. Enzim ini digunakan untuk pemecahan metabolisme asam lemak ke dalam bentuk gula sederhana. Fungsi penting lainnya dari peroksisom adalah untuk membantu kloroplas dalam menjalani proses fotorespirasi.

v  Ribosom
Ribosom adalah organel tumbuhan yang terdiri dari protein (40 persen) dan asam ribonukleat atau RNA (60 persen). Mereka bertanggung jawab untuk sintesis protein. Di dalam sel, ribosom dapat muncul secara bebas (ribosom bebas) atau mungkin melekat organel lain, retikulum endoplasma (ribosom terikat). Setiap ribosom terdiri dari dua bagian, sebuah subunit besar dan subunit kecil.

v  Mitokondria
Mitokondria (mitokondrion tunggal) besar, organel bulat atau berbentuk batang hadir dalam sitoplasma sel tumbuhan. Mereka memecah karbohidrat kompleks dan gula menjadi bentuk yang dapat digunakan untuk tanaman. Sebuah Mitokondria mengandung enzim tertentu yang penting untuk pasokan energi ke sel tumbuhan. Oleh karena itu, organel sel ini juga dikenal sebagai pembangkit tenaga listrik sel.


v  Badan golgi
Sebuah badan Golgi juga disebut sebagai kompleks Golgi atau aparat Golgi. Hal ini memainkan peran utama dalam mengangkut zat kimia di dalam dan keluar dari sel. Setelah retikulum endoplasma mensintesis lemak dan protein, badan Golgi mengubah dan mempersiapkan untuk mengekspor di luar sel. Organel ini terletak di dekat inti sel.

v  Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma (RE) adalah penghubung antara inti dan sitoplasma sel tumbuhan. Pada dasarnya, itu adalah jaringan interkoneksi, kantung berbelit-belit hadir dalam sitoplasma. Berdasarkan ada tidaknya ribosom, RE dapat dari jenis halus ataupun kasar. jenis Yang pertama memiliki ribosom, sedangkan yang kedua ditutupi dengan ribosom. Secara keseluruhan, retikulum endoplasma berfungsi sebagai manufaktur, penyimpanan, dan pengangkutan struktur glikogen, protein, steroid, dan senyawa lainnya.

v  Vakuola
Vakuola adalah membran, organel penyimpanan yang membantu dalam mengatur tekanan turgor dari sel tumbuhan. Dalam sel tumbuhan, bisa ada lebih dari satu vakuola. Namun, vakuola berlokasi lebih besar dari yang lain, yang menyimpan segala macam senyawa kimia. Vakuola juga membantu dalam pencernaan intraselular molekul kompleks dan ekskresi produk-produk limbah.

Post a Comment

  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel