Melihat Bagaimana Ciri-ciri Smartphone Androit Yang Terkena/terinfeksi Virus? Berikut 7 Ciri-cirinya

Melihat Bagaimana Ciri-ciri Smartphone Androit Yang Terkena/terinfeksi Virus? Berikut 7 Ciri-cirinya
Saat perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka kebutuhan akan teknologi juga menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan! Begitu pula dengan penggunaan smartphone atau yang biasa disapa dengan androit (sebaut aja gitulah). Penggunaan androit sekarang ini bukan hanya sebuah penunjang atau gaya hidup melainkan sudah termasuk kebutuhan. Namun seiring dengan banyaknya pengguna androit, memunculkan berbagai permasalaan, baik dari sisi perseoranga, kelompok, umum bahkan bahkan dunia. Namun disini saya tidak akan membahas semuanya, karena jika diuraikan banyak dan panjang sob.

Salah satu permasalahan yang cukup krusial adalah munculnya virus. Saat ponsel terkena virus, tentunya sobat akan sangat khawatir dengan keamanan data di dalam ponsel. Hal tersebut sangat wajar. Jadi semakin cepat kita mengetahuinya maka semakin cepat bisa diatasi. Pada dasarnya, kegiatan yang kita lakukan saat memakai handphone pintar adalah salah satu cara masuknya virus ke dalam ponsel. Berikut ini ulasan mengani ciri-ciri smartphone adroit yang terjangkit virus:

1. Muncul Iklan Pop-up.

Ciri pertama adalah munculnya iklan aneh pada smartphone sobat. Apalagi jika pesan atau iklan tersebut terlihat seperti pop-up. Biasanya, iklan pop-up akan muncul ketika sobat memainkan game atau aplikasi gratis. Hal tersebut masih dalam tahap wajar. Tetapi, jika sobat tidak melakukan apapun  lalu secara tiba-tiba tampil pada layar pesan atau iklan pop-up, maka bisa dicurigai bahwa ponsel Anda sedang terkenal virus.

2. Penggunaan Internet yang Tidak Wajar

Tanda smartphone android terkena malware selanjutnya adalah pemakaian data internet yang tidak wajar dan cenderung berlebihan. Jika sobat mengalaminya, maka segeralah atasi secepat mungkin. Karena virus yang dapat membuat data internet terkuras habis biasanya akan mengambil informasi penting pada ponsel seperti nomor kartu kredit, kontak telepon, password dan lain sebagainya. Jika data sudah berhasil dicuri, maka virus akan mengirim data informasi kepada hacker menggunakan akses internet secara otomatis. Hal inilah yang membuat kuota sobat semakin berkurang dan data ponsel dicuri. 3. Menerima atau Mengirim SMS Aneh Ciri selanjutnya adalah ponsel yang secara diam-diam menerima atau mengirim SMS aneh. Bahkan, bisa jadi ponsel melakukan panggilan pada normor tertentu. Teknik sms phising ini biasanya digunakan para peretas untuk mengambil alih semua akun media sosial dan akun perbankan sobat.

4. Redirect Malware

Apabila Anda sedang membuka aplikasi tertentu atau browsing tapi tiba-tiba pada tampilannya muncul redirect pada situs yang aneh, maka sobat harus menaruh rasa curiga. Cobalah periksa semua aplikasi yang terinstall pada ponsel. Apakah ada aplikasi yang tidak Anda kenali? Jika ya, maka ponsel sobat benar-benar terserang virus malware.

Namun sekarang tak jarang pula ketika kita sedang browsing dan membuka situs tertentu akan muncul tab baru, dan tab baru ini terbuka tak jarang pulsa kita habis tersedot dengan ditandai masuknya pesan konten berlangganan (apapun bentuk pesannya), jika ini bukanlah virus. Melainkan murni iklan Popup yang menjengkelkan.

5. Gangguan Program

Smartphone Android yang terserang virus umumnya akan mengalami gangguan program. Misalnya saja sedang menelpon tapi secara tiba-tiba malah terputus. Bukan karena sinyal yang jelek atau pulsa yang habis, tapi disebabkan oleh hal yang tidak sobat ketahui. Tak hanya itu, aplikasi juga bisa disabotase oleh peretas untuk merusak aplikasi dan program yang ada.

6. Smartphone sering error atau crash

Ciri android terkena trojan selanjutnya adalah performa ponsel yang semakin sering error atau crass. Hal ini tentunya menyebabkan performa ponsel Android semakin lama/lemot. Virus yang menyelinap melakukan beragam aktivitas di dalam ponsel. Hal tersebutlah yang membuat kinerja Android melambat. Kondisi ini jugalah yang membuat daya baterai menjadi cepat habis. Padahal sobat tidak melakukan apa-apa yang membuat Android bekerja terlalu keras. Virus akan membuat ponsel sobat terasa lebih lemot. Bahkan jika sudah parah membuat ponsel hang. Hal ini bisa saja dikarenakan sobat telah mengunduh sebuah cache yang didalamnya berisi malware yang berbahaya untuk ponsel.

7. Waktu Booting Yang Lama (saat di restart atau dihidupkan)

Ciri dari ponsel Android yang telah terkena virus adalah waktu booting yang tergolong cukup lama. Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa booting smartphone bisa menjadi lama. Diantaranya adalah memori internal yang terlalu rendah, RAM yang minim atau ada virus yang masuk ke dalam ponsel.

Post a Comment

  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel