Baru Pertamakali Pasang Custom Rom, Tapi Hape Jadi Bootloop? Insyaalah ini solusinya!

Baru Pertamakali Pasang Custom Rom, Tapi Hape Jadi Bootloop? Insyaalah ini solusinya!
Hay sobat awb? so strong and keep clam. thread kali ini saya akan membagikan sedikit tips buat kalian tentang masalah saat mengistal custom rom atau lebih tepatnya sehabis instal, tapi gagal? saat ini lagi mengalami? insyaalah saya akan bagikan pengalaman saya bagaimana cara saya mengatasinya.

Jumlah penggunaan custom rom memang gak diragukan lagi, selain fiture dan tampilan jadi lebih powerfull kita juga memiliki rasa tersendiri saat menggunakannya. Apalagi kalok bisa pamer ke temen 😆. Apalagi bisa dipakek secara gratis, baik banget dah DVnya. Jadi kita ucapin trimakasih buat DVnya yang sudah ngasih dan membagikanya, karena berkat mereka kita bisa merasakan sensasi yang oke joss, melampaui official OSnya.

Custom rom yang saya akan bahas kali ini merupakan seri pada samsung galaxy note 3. kalau untuk vendor lain saya belum coba, kebetulan saya sempat menggunakan beberapa seri seperti n900, n900j dan sekarang lagi di n9005 saat thread ini dibuat.

Pada mulanya saya tidak mengenal apa itu custom rom dan jajaranya, yang saya tau hanya root doang buat ilangin aplikasi bloodware. waktu itu saya instal aplikasi remove app di ps dan syaratnya mesti di root terlebih dahulu, jadi saya root lah, dan setelah ter-root saya intal dan jalankan aplnya. Alhasil bloodware sukses terhapus, namun selang berapa minggu kemudian maslah muncul. hape jadi full muncul iklan bahkan dilock scereen aja muncul iklan, sampai yang bikin saya jengkel kuota saya abis sendiri karena tiba-tiba ada aplikasi terinstal sendiri dan download aplikasi sendiri tanpa saya gunakan. akirnya saya hapus itu aplikasi tapi masih tetap begitu, dan yang saya bisa lakukan bawa ke konter. tapi walaupun demikian, virus tersebut tetep ada bahkan gak hilang walaupun udah keuar duit buat baikinya dikonter. Alhasi karena saya kurang puas jadi ane search di simbah. dan ane cek ternyata ada memang virus yang bandel dan gak bisa ilang meskipun di pindai pakek antivirus sekalipun.

Salah satu web menjabarkan nama virus tersebut dan saya coba cek ternyata memang sama. jadi saya muter-muter cari solusinya dan akhirnya ada satu blog yang membahas mengenai flash. Nah dari sinilah saya pertamakali mengenal fw. kebetulan waktu itu hape saya adalah galyoung 2 yang masih baru2nya dan untuk mengunduh fwnya pun saya minta tolong dengan teman saya yang kerja di telkom buat download fw young 2. karena di tempat saya masih susah sinyal. dan setelah flash alhamdulliah sembuh. jadi ane makin penasaran dan gabung grup young 2 ternyata, member disana bikin kejut. jadi ane dalami dan akhirnya mengena edit systemUI dan pasang room.

Kembaili ke topik, ternyata pemasangan custom rom tak semuanya dapat berjalan mulus, saya sebut aja ini sebagai faktor ketampanan alias kurang beruntung 😆. Jadi jika kalian gagal melakukan flash, pemasangan custom rom atau yang lainnya mengalami kegagalan, itu berarti kalian kurang tampan. Ane aja sering gak tampan, karena sering juga bootloop. "Gak bootloop gak keren 😃".

Pada saat pemasangan custom rom sebenarnya sudah dilakukan pengujian terlebih dahulu oleh sang dv, sehingga sang dv tau tips dan triknya. Maka, pasti pada setiap custom rom yang dirilis di ikuti dengan cara pemasangan dan detail infonya, bukan begitu sobat awb?. Jadi kalok kalian saat meakukan pemasangan tapi berakhir bootloop coba disimak lagi petunjuknya. Apa ada yang salah, atau terlewat? silahkan baca dengan teliti dan cermaiti !.

Terkadang pemasangan custom rom berakhir booting yang tak kunjung selsai dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, (selain dari detail informasi yang diberikan) seperti:

  1. Enggak sabaran karena waktu booting yang lama, bahkan ape berjam-jam. sering banget ini masalah.
  2. Karnel yang belum terinstal atau osnya belum terinstal, masalah ini pernah saya alami.
  3. Bootlop akibat instal SuperUs setelah reboot system, saya juga mengalami.
  4. Bukan diperuntukan untuk serinya. saya juga alami.
Semua permasalah merupakan pengalam saya sendiri ketika pemasang custom rom pada seri n900j dan n9005. Nah disini saya akan menjelaskan bagaiman tahapan saya melewati masalah tersebut, jadi sobat awb bisa simak. Insyallah bisa berguna:

Waktu booting yang terlalu lama.

Waktu booting yang lama sebenarnya sudah dijelaskan, bahwa umumnya kita bisa menunngu sampai puluhan menit, karena butuh proses dalam pemasangan system baru tersebut (maaf kalok salah silahkan dikoreksi ya sobat awb). Tapi jika sampai nunggu berjam-jam booting tak kunjung selasi bisa dibilang itu bootloop. Dan untuk mengatasinya sobat awb bisa melakukan wipe dan clear ulang dengan memaksa atau mencabut batrai. Bahkan saya sampai 4 kali melakukan hal ini. dan alhamdulilah berhasil. jadi jika sudah di wipe dan clear chance masih bootloop lakukan lagi sampai 5 kali lah maksimal. namun dengan catatan selama kalian sudah melakukan prosedur atau cara pemasangan room yang bersangkutan sudah sesuai dengan perintahnya.

Karnel atau Osnya yang tidak terinstal

Masalahnya, ini jarang terjadi kecuali sobat awb memasang custom rom yang terpisang dari include karnelnya. Hal ini hanya terjadi jika:
  1. memasang atau waktu pengintalan dilakukan bersamaan. Instal room dan karnel secara bersamaan.
  2. Karnel yang terinstal bukan diperuntukan untuk serinya. Biasanya kalok gak cocok, meski pemasang custom rom berhasil maka dampak dari karnel ini cukup lumayan pada device kita misal hape yang sering panas, kurang smoot dsb.
Jadi hidarilah penginstalan room dan karnel secara bersamaan, jika memang custom room tersebut tidak include dengan karnelnya. Meskipun pada twrp memungkinkan untuk melakukan penginstalan file zip lebih dari satu, ada baiknya dilakukan bergantian saja.

jadi misalkan, kita intal file zip custom room terlebih dahulu setelah selsai jangan di reboot system terlebih dahulu tapi pilih back, atau pilih reboot to recovery mode. Lalu instal kanelnya baru reboot system, atau bisa juga setelah intal karnel pilih back lalu wipe lagi, baru reboot system. Namun pada bebrapa custom rom pernah saya jumpai sehabis flash rom, maka hape secara otomatis reboot, tapi tenang aja, itu akan rebot ke mode recovery bukan robot ke system.

Bootloop akibat penginstalan Superuser

Masalah ini biasanya terjadi sehabis/ setelah selsai flash. Ketika akan melakukan reboot sytem kita, mendapati permintaan apakah ingn melakukan penginstalan superuser?. Namun bootloop ini kecil kemungkinan terjadinya, gak tau kenapa?. 
Ya karena kurang tampan !!

Masalah ini kita atasi dengan pilih jangan, jika memang diakibatkan oleh ini, namun perintah ini akan tetap ada jika kita melakukan reboot system. jadi instal aja, nah kalok bootlop coba wipe berulang-ulang kayak poin diatas. namun jika gak sembuh instal lagi karnenya, atau romya. Tapi kalok saya karnel yang saya instal dan alhamdulilah normal.

Bukan diperuntukan serinya

Kalo bagian ini jelas akibat kutil (kurang teliti), dan pemalas. Jadi saranya, ya instal yang sesuai aja, tapi experimen saya selama masih sama sama snapdragon sikat. dan jelas resikonya bootloop untuk mengatasinya memang sadis karena saya harus melakukan hard reset untuk melakukan wipe berulang ulang. tak jarang saya sampai 5 kali melakukan flas room biar bisa dipasang 😆. Intinya nekat tapi teliti. tapi cara ini jangan dicontoh ya 😅

Dan semua uraian diatas gak akan ada yang bisa menjadi obat mujarab kecuali point pamungkas yaitu backup, dan sediakan fw officanya. Buat jaga-jaga!! 😉.
Jadi sekian thread saya kali ini semoga bermanfaat bagi sobat awb sekalian.

Post a Comment

  • Silahkan tinggalkan pesan dengan menggunakan parse box tool untuk menambahkan style komentar.
    b untuk style font tebal ,um untuk style font miring ,u untuk style font garis bawah dst..
    Untuk memasukan gambar dan video yt masukan url lalu klik img atau yotube
  • Untuk menyampaikan expresi gunakan emoticon
  • Untuk mengupload gambar bisa menggunakan Upload img lalu salin link url dengan kode
    [img]url gambar[img]
  • Jangan lupa aktifkan notif me/Beri tahu saya pada kolom komentar agar mendapat email balasan komentar sobat
Show Parser Box
Show emo

b em u quote
pre code img youtube
embed
:)
=)
:(
:D
:v
;)
^_^
:(
(y)
;3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel